You are currently viewing Tol Manado-Bitung Segera Diresmikan
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (MenPUPR) memperhatikan maket jalan tol Manado-Bitung, saat meninjau pembangunan jalan tersebut di Simpang Susun Airmadidi, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 05 Juli 2019.

Tol Manado-Bitung Segera Diresmikan

JAKARTA, publikreport.com – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (KemenPUPR), Danang Parikesit mengungkapkan, Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1-2A ruas Manado-Danowudu (22,5 km) akan diresmikan bersama beberapa jalan tol lainnya. Menurutnya, Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp6,19 triliun.

Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) ini akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari saat ini sekitar 90-120 menit, menjadi sekitar 30 menit,” kata Danang, Senin 12 Agustus 2019. “Tol Manado-Bitung ini rencananya akan diresmikan pada Oktober 2019,” sambungnya.

Selain Tol Manado-Bitung, jalan tol lainnya yang akan diresmikan tahun 2019 ini, Danang menjelaskan, yakni Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 2 ruas Raya Bogor-Kukusan (5,5 km) dengan progres fisik saat ini sudah 100% dan siap diresmikan pada Agustus 2019 ini.

Pembangunan Jalan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km dilaksanakan oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere,” katanya.

Ruas Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang 189 km, yang akan siap diresmikan pada bulan September 2019. Jalan tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra ini dibangun dengan menggunakan biaya investasi sebesar Rp21,95 triliun.

Pada Lebaran 2019 lalu, ruas tol ini sudah digunakan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik, saat ini progres konstruksinya sudah sebesar 94,33%,” jelas.

Leave a Reply