Stefy E Tanor, Ketua Umum Investasi UMKM Indonesia.
Stefy E Tanor, Ketua Umum Investasi UMKM Indonesia.

TIFF 2018 Usai dan Tak Berbekas

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Ketua Umum Investasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia, Stefy E Tanor mengatakan ajang TIFF (Tomohon International Flower Festival) yang telah menjadi calender of ivent pariwisata tahunan, seharusnya menjadi pendorong kegiatan pembangunan di Kota Tomohon. Namun, kenyataannya selesai iven TIFF, dampaknya tidak berbekas sama sekali.

Sebulan (Setelah) TIFF 2018 Berlalu
Dua Bulan Setelah TIFF 2018 Berlalu

“Ini bukti bahwa secara substansial kegiatan ini hanya iven euforia yg menghabiskan anggaran negara tanpa feedback yang mendalam,” kata Stefy melalui pesan WhatApp (WA) dari Jakarta kepada publikreport.com, Senin, 15 Oktober 2018, siang.

TIFF Antara Seremonial dan Substansial
TIFF, Ketua Umum Investasi UMKM: Stop Kegiatan Seremonial

TIFF yang sudah berjalan beberap tahun, menurut Stefy, harus dievaluasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon sebagai pengawas publik dan Pemerintah Kota Tomohon sebagai eksekutor kebijakan publik.

“Sebagai rakyat Tomohon untuk substansi hasil kegiatan ini kira-kira saya beri raport merah. DPRD dan Pemerintah Kota Tomohon gagal memaknai iven TIFF,” tegas Stefy yang merupakan warga Kelurahan Talete, Kecamatan Tomohon Tengah, salah satu pejuang  pembentukan Kota Otonom Tomohon.

Pengamat: Bangun Taman Bunga, Pemkot Jangan Gagal Paham

Leave a Reply