Istana Bogor.
Istana Bogor.

Tujuh Istana Presiden Indonesia

Tahukan Anda bahwa Negara Republik Indonesia memiliki 6 Istana Presiden dan 1 Istana Wakil Presiden? Kebanyakan istana-istana ini merupakan peninggalan Belanda dan beberapa dibangun sendiri.

Istana-istana tersebut banyak yang tidak digunakan sebagai kantor resmi, namun merupakan simbol negara Indonesia dan sesekali digunakan untuk menjamu tamu dari luar negeri atau terkadang untuk rapat kabinet.

Istana-istana tersebut sangat indah arsitekturnya dan mencerminkan kebangaan bangsa Indonesia.

Istana Wakil Presiden, Jakarta

Meskipun tidak ditempati, namun kantor resmi Wakil Presiden ini juga bisa dikategorikan salah satu istana pemimpin negeri ini. Istana ini berletak di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, menghadap ke Monumen Nasional (Monas). Istana ini pada awalnya dibangun untuk istana Perdana Menteri Hindia Belanda bernama Indisch Woonhuis (juga menjadi nama jenis arsitekturnya diterjemahkan sebagai ‘Rumah Hindia Belanda’ pada tahun 1920.

Istana Cipanas.

Istana ini terletak di kaki Gunung Gede di Desa Cipanas. Istana ini diperuntukan untuk tempat peristirahatan Presiden, seperti halnya Camp David di Amerika Serikat (AS). Istana ini dilengkapi kebun dan taman yang indah seluas 22 hektar. Peristiwa penting di Istana ini adalah berlangsungnya sidang kabinet yang dipimpin oleh Presiden Soekarno pada Desember 1965, yang menetapkan perubahan nilai uang dari Rp1.000, menjadi Rp1. Di Istana ini disimpan koleksi lukisan dan ukiran karya seniman terkenal seperti Basuki Abdullah dan Lee Man Fong. Istana ini awalnya dibangun untuk kediaman pengusaha Belanda.

Gedung Agung, Yogyakarta

Istana ini terletak di pusat kota Yogyakarta tepatnya di ujung jalan Maliboro. Gedung Agung awalnya dibangun untuk Residen Yogyakarta, arsiteknya A Payen, pada tahun 1869. Gedung ini menjadi saksi sejarah ketika Bung Karno berkantor di situ saat masa republik, di gedung ini pula Jenderal Sudirman dilantik. Saat ini Gedung Agung menjadi kantor dan kediaman resmi Presiden saat di Yogyakarta. Di depan gedung ini terdapat patung penjaga dari batu Andesit yang mengawasi istana ini dengan setia

Leave a Reply