Uji Kompetensi Keahlian SMK Bergulir

Uji Kompetensi Keahlian SMK Bergulir
Bertempat di SMK Negeri 3 Manado, Wagub Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw membuka pelaksanaan UKK SMK TP 2020/2021 se-Sulut, Selasa 13 April 2021.

PENDIDIKAN

MANADO, publikreport.com – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021 se-Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 13 April 2021, dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw, bertempat di SMK Negeri 3 Manado.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Sulut, Grace Punuh menjelaskan, pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian ini didasarkan pada pedoman penyelenggaraan UKK SMK tahun 2021.

“Keahlian yang di uji kompetensikan meliputi bidang keahlian teknik konstruksi, komputer jaringan dan radio, keperawatan sosial, seni, kehutanan, perikanan dan niaga, bisnis, teknik listrik, pertambangan dan alat berat industri dan mekatronika,” jelasnya.

Kompetensi keahlian, Grace mengatakan, sudah melalui tahap verifikasi satuan dinas pendidikan yang menghasilkan SMK yang sangat layak, layak dan tidak layak sebagai penyelenggara Uji Kompetensi Keahlian.

Di Sulut, Grace mengungkapkan, ada sembilan SMK telah melaksanakan LSP 1,2 dan 3 dan Sistem Sertifikasi Mitra Industri Dunia Usaha (IDUKA) yang lain masih mengunakan mandiri. Berdasarkan hasil verifikasi ditetapkan SMK penyelenggara Uji Kompetensi Keahlian 2020, yakni SMK Negeri sebanyak 89 Sekolah, SMK swasta sebanyak 96 sekolah, jumlah kompetensi keahlian 672, jumlah SMK hasil verifikasi yang melaksanakan mandiri 169 SMK dan SMK hasil verifikasi yang tidak layak dan bergabung sebanyak 20 SMK.