Panorama bawah air yang menakjubkan di Uluna, Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. (Foto: Wisuda/Mongabay Indonesia)
Panorama bawah air yang menakjubkan di Uluna, Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. (Foto: Wisuda/Mongabay Indonesia)

Uluna, Surga yang Tersembunyi di Minahasa

Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah. Keindahannya yang sangat luar biasa, membuat banyak wisatawan dunia datang ke Indonesia untuk menikmati dan mengagumi alamnya. Dan Indonesia pun menjadi salah satu negara dengan banyak spot diving yang banyak disuka oleh pehobi selam di seluruh dunia.

Berbagai macam karakter spot diving yang tersebar di seluruh perairan nusantara, dipunyai oleh Indonesia, tak terkecuali freshwater spot diving. Dan salah satunya ada di Sulawesi Utara. Tepatnya di sekitar Danau Tondano, Minahasa. Uluna namanya. Uluna salah salah satu mata air Danau Tondano. Mata air jernih yang mempunyai kedalaman hanya 3 meter ini, mempunyai pemandangan yang sangat eksotik dan terkesan misterius.

Dipenuhi beberapa tetumbuhan air , mata air ini juga dihuni oleh biota khas Danau Tondano, seperti mujair, crayfish atau lobster air tawar, payangka, dan beberapa lainnya. Sebelum ditemukan sebagai salah spot diving yang luar biasa, Uluna hanya dikenal oleh penduduk setempat sebagai tempat mandi penduduk. Airnya yang sangat jernih dan bening membuat anak-anak menyukai mandi di sini.

Setelah ditemukan beberapa tahun yang lalu, Uluna mulai didatangi oleh para pehobi photography underwater. Keeksotisannya membuat gatal para fotograper untuk mengabadikannya. Dan salah satunya adalah saya. Kontur bawah air mata air Tondano ini yang berbatu-batu, dengan visibility yang bisa mencapai 30 meter, serta ribuan ikan yang berenang mondar mandir diantara penyelam, membuatnya berbeda dengan spot diving lainnya.

Tetapi ada yang perlu diperhatikan, apabila ingin menyelam di mata air ini.

Walaupun sangat jernih, dasar dari mata air ini adalah pasir yang bercampur dengan lumpur. Para penyelam yang ingin menyelam di tempat ini, harus mempunyai buoancy atau kemampuan melayang yang baik. Karena jika tidak, pasir dan lumpur yang berada di dasar, akan terangkat naik karena kepakan fin, atau terkena bagian tubuh kita yang naik turun.

BACA JUGA: We’lu Woloan, Destinasi Wisata yang (Masih) Tersembunyi

Leave a Reply