Untuk Pusat Ekonomi dan Bisnis 57 Hektar Lahan Disiapkan
Ilustrasi wilayah Kecamatan Kalawat (garis merah), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Untuk Pusat Ekonomi dan Bisnis 57 Hektar Lahan Disiapkan

AIRMADIDI, publikreport.com – Salah satu investor di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), PT Dhanista Investama Indonesia menyatakan telah menyiapkan lahan seluas 57 hektar (ha) untuk pembangunan pusat ekonomi Minut di Kecamatan Kalawat, tepatnya di Desa Watutumou dan Desa Kolongan Tetempangan. Kawasan ekonomi/bisnis Minut ini direncanakan akan dibangun dilahan seluas 157 ha, dengan fasilitas, seperti mall, hotel, lapangan golf, apartemen dan sebagainya.

“Tadi sudah dilakukan sosialisasi dan konsultasi publik di Kantor Kecamatan Kalawat dengan melibatkan pemerintah desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Masyarakat sangat mendukung adanya pembangunan kawasan bisnis ini,” kata Camat Kalawat, Alexander Warbung yang didampingi Sekretaris Kecamatan, Iwan Senduk, Rabu 13 November 2019.

Saat sosialisasi, menurut Alexander, pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kalawat menginginkan agar pihak investor bisa merekrut tenaga kerja lokal dari sekitar lokasi pembangunan.

“Banyak hal yang dibicarakan dalam sosiliasasi ini, namun yang paling penting soal tenaga kerja lokal dan dampak lingkungan,” jelasnya.

Kapan perusahaan itu membangun? Alexander belum bisa memastikan. Namun, dirinya mengatakan, yang jelas, izin lokasi sudah ada.

“Izin lokasi sudah, kemudian nanti disiapkan Amdal (Analisa Dampak Lingkungan) dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) kemudian proyek bisa jalan,” ujarnya. | GLENLY B