You are currently viewing Wagub: Ini Memalukan Bagi Kita Semua
Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw pada kegiatan penilaian verifikasi penguatan Sakip dan reformasi birokrasi Provinsi Sulut di Hotel Aston, Manado, Kamis, 11 Oktober 2018.

Wagub: Ini Memalukan Bagi Kita Semua

BACA JUGA: Tak Cukup Hanya Kerja, Tapi Harus Berkinerja

BACA JUGA: Berbagai Jurus Kepala Daerah Dongkrak Akuntabilitas Kinerja

“Saya mau usul kepada bapak gubernur, supaya dari kementerian beri tahu penilaiannya, tolong dikasih tahu  siapa-siapa output dan outcome yang jelas. Supaya penilaian betul-betul merrid sistem. Siapa yang jelas itu yang dipakai yang tidak jelas keluar, banyak yang antri,” tegasnya.

“Supaya adil betul- betul benang merah dengan merrid sistem sesuai dengan reformasi birokrasi,” sambungnya.

Kepada pemerintah kabupaten/kota, Steven mengingatkan, agar mencermati kembali proses implementasi Sakip dan reformasi birokrasi yang selama ini berjalan di Perangkat Daerah dan unit kerja masing-masing. Bila masih ada hal yang perlu ditingkatkan maka rencanakan dan jalankan dengan mempertimbangkan semua SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada.

“Untuk yang mendapat nilai BB dan B jangan dulu berpuas diri, terus meningkatkan sasaran dan target yang lebih tinggi,” imbaunya.

Kepada kementerian, Steven menitip pesan, jika ada rapat koordinasi (rakor) di pusat jangan nomenklatur diganti-ganti. Hanya akan merepotkan daerah. Contohnya, biro perbatasan, dua tahun lalu dibubarkan. Tahun lalu dibentuk lagi ini membuat bingung daerah. Belum lagi kewenangan-kewenangan lainnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply