Wagub: Pusat Masih Setengah Hati
Wakil Gubernur Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw pada pertemuan konsolidasi program dan kegiatan permbangunan manusia dan kebudayaan wilayah tengah dan timur Indonesia di Hotel Peninsula, Manado, Senin 29 April 2019.

Wagub: Pusat Masih Setengah Hati

MANADO, publikreport.com – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw mengungkapkan apabila pemerintah pusat belum sepenuhnya menyerahkan kewenangan ke pemerintah daerah. Hal ini tentunya tidak sejalan dengan nafas otonomi daerah yang telah memasuki usia 23 tahun.

Pemerintah pusat agar tidak setengah hati dalam menyerahkan kewenangan ke daerah,” kata Steven pada pertemuan konsolidasi program dan kegiatan permbangunan manusia dan kebudayaan wilayah tengah dan timur Indonesia di Hotel Peninsula, Manado, Senin 29 April 2019.

“Hari ini (29 April 2019, red), adalah hari ulang tahun otonomi daerah yang ke-23. Sungguh ironis, karena satu hal yang berbanding terbalik, daerah tidak diberikan kewenangan selebar-lebarnya,” sambungnya.

Contoh konkret, menurut Steven, salah satunya berkaitan dengan kegiatan pusat di daerah yang masih ditangani langsung. Praktis kondisi ini mempengaruhi realisasi anggaran yang baru terserap di triwulan tiga.

“Menurut evaluasi kementerian masih menangani berbagai kegiatan di daerah. Ini sangat tidak efektif yang pada akhirnya, pekerjaan-pekerjaan banyak yang tidak terserap,” tegasnya.

BACA JUGA: Sejak Otonomi, Kemendikbud Akui Sulit Pindahkan Guru

BACA JUGA: Evaluasi APBD, Kemenkeu Temukan Pemborosan Pemerintah Daerah

BACA JUGA: Di Rakornas Camat, Mendagri: Camat Harus Tegak Lurus

BACA JUGA: Permesta, Pemberontakan Atau Bukan?

Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), YB Satya Sananugraha, mengaku siap mengakomodir usulan Wagub Sulut ini.

“Kami memiliki forum dialog antar kementerian. Masukan pak wagub akan kami sampaikan,” katanya. | VERONICA DSK