You are currently viewing Warga Tuding Program Bedah Rumah Pilih Kasih
Ilustrasi.

Warga Tuding Program Bedah Rumah Pilih Kasih

AIRMADIDI, publikreport.com – Program bedah rumah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dituding sejumlah warga pilih kasih. Tudingan miring ini dikemukakan warga, dengan alasan program bedah rumah dengan dana yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) ada penerima dari keluarga sejahtera. Padahal program itu ditujukan bagi warga kurang mampu dengan rumah tidak layak huni.

“Di kampung kami, dari usulan 39 Kepala Keluarga (KK), hanya disetujui 31 KK. Padahal masih banyak warga di kampung kami yang membutuhkan bantuan bedah rumah itu. Kami curiga ini ada permainan antara Hukum Tua (Kumtua) dengan instansi terkait,” ungkap David Lumingkewas, warga Desa Sampiri, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minut, kepada wartawan, Senin, 09 Juli 2018.

Terkait keluhan warga ini, Ketua Komisi II DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Minut, Moses Corneles mengatakan, warga jangan menyalahkan Kumtua. Alasannya, program bedah rumah hanya berdasarkan usulan dari Kumtua dan diverifikasi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Minut.

“Kumtua mengusulkan dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman menurunkan tim guna memverifikasi, apakah keluarga layak mendapatkan bantuan bedah rumah atau tidak,” katanya.

BACA JUGA: Polres Tomohon Bedah Rumah di Tomohon dan Sonder
BACA JUGA: Polres Tomohon Bedah Rumah di Timbukar

BACA JUGA: BUMDes Palaes Berdayakan Nelayan
BACA JUGA: Dengan DD Desa Batu Bangun Jalan

Jika memang dalam satu desa terdapat banyak keluarga yang tidak mampu, menurut Moses, maka pemerintah akan kembali membuat program serupa setiap tahun.

“Kan anggaran yang disiapkan ini terbatas. Kami berharap, kiranya anggaran untuk program bedah rumah tahun depan dapat bertambah,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Minut, Joseph Dengah menambahkan program  bedah rumah ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki keluarga agar bisa mendapatkan bantuan. Dari yang diketahuinya bantuan program bedah rumah dalam bentuk material untuk pembangunan rumah.

“Kami dari DPRD Minut akan turun memeriksa apakah keluarga itu layak terima atau tidak,” tambahnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply